Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat

Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat

daftarbudayaindo.web.id Dengan berbagai keanekaragaman suku dan budaya tidak menutup kemungkinan suatu suku mempunyai nilai seni yang tinggi,salah satunya adalah Jawa Barat. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat

Angklung
Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang multitonal atau alat musik yang bernada ganda. Alat musik yang satu ini berkembang dalam budaya masyarakat sunda di tanah pasundan. Angklung sendiri terbuat dari bambu yang dipotong pada salah satu bagian ujungnya sedangkan cara memainkannya yakni dengan cara digoyangkan.Bunyi tersebut dihasilkan dari benturan bambu dengan potongan badan bambu yang lainnya. Sehingga dapat menghasilkan bunyi yang bergetar serta memiliki nada-nada tertentu, sesuai dengan ukuran besar atau kecilnya batang bambu. Alat musik ini digolongkan sebagai alat musik instrumen dalam jenis idiofion atau bisa disebut juga dengan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahannya.

Perlu diketahui juga bahwa angklung merupakan salah satu alat musik tradisional dari Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya pada tahun 2010. Yang mana termasuk kedalam kategori Masterpiece Of Oral And Intangible Heritage Of Humanity.

Baca Juga :Senjata Khas Jawa Barat

Camplung
Alat musik tradisional yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Karena tidak diketahui asal muasal keberadaannya dan sejak kapan diciptakan. Cemplung sendiri terbuat dari hinis bambu (kulit bambu) dengan memanfaatkan resonansi yang terdapat didalamnya. Yang mana bertujuan untuk menghasilkan sebuah suara yang bagus. Untuk memainkan alat musik ini terdapat 2 cara yakni dengan cara memukul dan pengolahan suara.Yang dimaksud dengan cara memukul adalah keduanya dipukul dengan cara bergantian, yang mana tergantung dari ritme dan suara yang diinginkan. Sedangkan pengolahan suara merupakan menggunakan tangan untuk mengatur besar kecilnya udara yang keluar dari badan celempung itu sendiri.

Jika menginginkan suara yang tinggi, maka harus membuka lubang (baham) lebih besar lagi. Dan jika ingin menghasilkan suara yang rendah, yakni dengan menutup rapat lubang tersebut. oleh karena itu suara yang dihasilkan oleh alat musik ini sangat beragam, tergantung dengan orang yang memainkannya.

Related posts