Alat Rapai Pulot,Aceh

Alat Rapai Pulot, Aceh

Darbudayaindo.web.id – Selama berabad-abad, Rapai Pulot adalah permainan popular yang juga sangat popular. Sotong Rapai dilakukan oleh antara 15 dan 20 pemain lelaki. Alat yang digunakan adalah rapai, seragam pemain dan seluar putih. Sedang beberapa lelaki yang lebih tua memakai sudut sutera, dan mengambil posisi di belakang pemain utama.

Para pemain di barisan depan duduk berjajar sedangkan pemain di bahagian belakang kadang-kadang duduk berderet atau membentuk lingkaran masing-masing dengan sebuah rapai. Kemudian syeh mengambil tempat di tengah-tengah.

Permainan dimulai dengan lagu-lagu (ratoh) oleh syeh berupa salam perkenalan yang diikuti bersama oleh pemain-pemain dan seirama dengan bunyi rebana, kemudian dilanjutkan babak demi babak. Suara hentakan rapai pulot sangat nyaring membahana dan terdengar sampai jauh sehingga kadang-kadang memancing masyarakat untuk keluar dari rumahnya dan menyaksikan pertunjukan tersebut.

Baca juga : Kebudayaan Rapai Daboh, Aceh

Keindahan yang terdapat dalam rapai pulot adalah pertunjukan akrobatik dan keahlian membentuk lingkaran bersambung-sambung antara para pemainnya. Jika 4 atau 6 orang pemain sudah berdiri dalam satu lingkaran, maka yang lain naik ke atas mereka, menjungkir kepala ke bawah, meliuk-liukkan badan dan mengebat-ebatkan tali dengan membentuk bangunan-bangunan yang menarik dan kemudian menggantikannya dengan kemahiran olah tubuh.

Tiap-tiap babak rapai pulot, rapai daboh, terdapat pula rapai pase atau nama-nama lain menurut istilah setempat. Namun permainan dan alat-alat peraga yang dipergunakan tidak jauh bedanya.

Maka dari itu marilah kita tetap melestarikan  budaya Indonesia yang kita cintai ini. Semoga sampai anak cucu kita tetap mempertahankan setiap kebudayaan Indonesia jangan sampai pindah ke tanggan negara asing. Kalau tidak kita yang menjaga kebudayaan negara kita sendiri mau siapa lagi yang harus mempertahankan kebudayaan Negara Indonesia Merah Putih yang sangat kita cintai sedarah dan setanah air. Terima kasi tetap ikuti terus perkembangan daftarbudayaindo.web.id akan memberikan informasi menarik tentang  kebudayaan negara Indonesia yang kita cintai.