Gigi Runcing Suku Mentawai – Kalimantan

Gigi Runcing Suku Mentawai – Kalimantan

daftarbudayaindo.web.id – Gigi Runcing Suku Mentawai ,Bagi suku Mentawai wanita yang cantik harus memenuhi tiga kriteria. Pertama, telinganya yang panjang. Kedua, tubuhnya dihiasi titi atau tato. Ketiga, giginya yang runcing.

Tradisi untuk meruncingkan gigi ini diyakini akan menambah kecantikan sang wanita.

Wanita Suku Mentawai menganggap kecantikan mereka dilihat dari gigi yang runcing. Tradisi meruncingkan gigi ini bernama Kerik Gigi yang sudah dilakukan sejak lama.

Tujuan kerik gigi ialah untuk terlihat cantik dan menarik di mata pria di sekelilingnya. Selain itu sebagai penanda kedewasaan wanita dan dipercaya juga akan memberikan kebahagiaan dan kedamaian.

Baca juga : Tradisi Potong Jari – Papua

Mereka juga percaya jika sudah meiliki gigi runcing ka memiliki kebahagiaan dan kedamaian jiwa. Wanita Mentawai juga percaya jika yang memiliki gigi runcing lebih memiliki nilai.

Proses kerik gigi dilakukan oleh ketua adat. Gigi yang akan diruncingkan tidak diberikan obat bius.

Alat yang digunakan pun terbuat dari besi atau kayu yang sudah diasah bandar judi ikan joker123 hingga tajam. Tentunya proses ritual ini menyakitkan, maka dari itu sebelum proses biasanya wanita Suku Mentawai mengigit pisang hijau.

Dalam prosesnya pun tak sebentar karena gigi yang diruncing tak hanya 1 atau 2 saja. Gigi yang diruncing akan dibuat seperti segitiga. Kini, tradisi ini pun semakin ditinggalakan karena pengaruh dunia luar.