joged lambak

Joged Lambak

Joged Lambak – Joged Lambak adalah tarian khas yang berasal dari provinsi Riau.Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang  terletak di Pulau Sumatra dengan ibukota Pekanbaru.Letak geografis Provinsi Riau di sebelah utara berbatasan dengan Kepulauan Riau dan Selat Melaka,di sebelah selatan dengan Provinsi Jambi dan Selat Berhala; di sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan (Provinsi Kepulauan Riau) dan di sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara.

Tarian-tarian yang ada pada daerah Riau ini sendiri memiliki kekhasan yang berbeda dengan tari yang berada pada daerah lain, karena seperti yang kita tahu bahwa tarian ini sendiri sangat identik dengan suku melayu sendiri, sehingga kita dapat mengetahui bahwa tarian ini sendiri mempunyai gerakan-gerakan yang sangat mirip dengan khas adat melayu sendiri. Tarian yang ada pada daerah Riau ini sendiri adalah terdiri dari Tari Zapin, Tari Joged Lambak, Tari Jogi, Tari Melemang, Tari Mendu dan juga Tari Inai. Dari semua tarian tersebut kita dapat mengetahui bahwa banyak sekali keanekaragaman tarian yang ada di daerah Riau ini sendiri.

Tarian Jogek Lambak ini merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah RIau, dimana pada tarian ini sendiri merupakan suatu tarian yang cukup popular bagi masyarakat melayu sendiri. Dalam perkembangan dari tarian ini sendiri, telah berkembang di daerah Bintan, Batam, Moro, dan juga tersebar luas di seluruh masyarakat kepulauan Riau. Menurut sejarah yang ada tarian ini memang sudah ada sejak dari zaman dahulu sendiri maupun pada sejak zaman kerajaan-kerajaan melayu riau-lingga. Tarian ini sendiri juga merupakan rangkaian perjalanan dari kebudayaan melayu yang tidak lapuk oleh hujan dan juga tidak lekang oleh waktu dan bisa bertahan sampai dengan saat ini.

Gerak tarian ini sendiri sangat lemah gemulai dan juga berlenggang menjadi khas suatu tanda, bahwa tarian ini sendiri akan tetap ada di sepanjang zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini. Pada umumnya lagu-lagu yang ada pada tarian ini adalah seperti serampang laut, anak kala, tanjung katung dan juga lagu dondang sayang.

Baca juga:

 

Alat music yang dimainkan pada tarian ini sendiri adalah yang sangat sederhana seperti biola, gong dan juga gendang, alat music yang dimainkan ini sendiri merupakan lambang dari kesenian tradisional melayu sendiri, dengan adanya ini maka tarian dari daerah riau ini menjadi sangat khas di daerahnya sendiri.

Tarian joged lambak ini sendiri merupakan salah satu kesenian tarian yang cukup popular di daerah Riau sendiri, dimana tarian ini hampir sama dengan tarian zapin sendiri merupakan tarian yang dimainkan dengan beberapa alat music yang sangat khasnya dengan alat music melayu sendiri.

Tarian ini sendiri pun pada dasarnya adalah merupakan tarian muda-mudi yang ada pada daerah Riau sendiri, tetapi untuk zaman sekarang sangat kecil sekali orang yang ingin melakukan tarian ini dikarenakan perkembangan zaman yang sangat canggih membuat jumlah peminat dari tarian ini pun menjadi turun derastis sama sekali.