Kebudayaan Suku Dayak Di Penuhi Mistis

Kebudayaan Suku Dayak Di Penuhi Mistis

daftarbudayaindo.web.id – Nama yang di berikan oleh penjajah kepada penghuni pedalaman yang mendiami pulau Borneo di Pulau Kalimantan, Ada 5 suku atau 7 suku asli Kalimantan yaitu Melayu, Dayak, Banjar, Kutai, Paser, Berau dan Tidung. Hampir semua nama sebutan orang Dayak mempunyai arti sebagai sesuatu yang berhubungan dengan “perhuluan” atau sungai, terutama pada nama-nama rumpun dan nama kekeluargaannya.

Artikel Kebudayaan Suku Dayak Di Penuhi Mistis

Secara umum kebanyakan penduduk kepulauan Nusantara adalah penutur bahasa Austronesia. Saat ini teori dominan adalah yang dikemukakan linguis seperti Peter Bellwood dan Blust, yaitu bahwa tempat asal bahasa Austronesia adalah Taiwan. Sekitar 4 000 tahun lalu, sekelompok orang Austronesia mulai bermigrasi ke Filipina. Kira-kira 500 tahun kemudian, ada kelompok yang mulai bermigrasi ke selatan menuju kepulauan Indonesia sekarang, dan ke timur menuju Pasifik.

Namun orang Austronesia ini bukan penghuni pertama pulau Borneo. Antara 60.000 dan 70.000 tahun lalu, waktu permukaan laut 120 atau 150 meter lebih rendah dari sekarang dan kepulauan Indonesia berupa daratan, manusia sempat bermigrasi dari benua Asia menuju ke selatan dan sempat mencapai benua Australia yang saat itu tidak terlalu jauh dari daratan Asia.

Baca Juga :

Dari pegunungan itulah berasal sungai-sungai besar seluruh Kalimantan. Diperkirakan, dalam rentang waktu yang lama, mereka harus menyebar menelusuri sungai-sungai hingga ke hilir dan kemudian mendiami pesisir pulau Kalimantan. Tetek Tahtum menceritakan migrasi suku Dayak Ngaju dari daerah perhuluan sungai-sungai menuju daerah hilir sungai-sungai.

Ilmu gaib racun paser, Kengerian yang bisa terjadi di masyarakat Suku dayak adalah adanya ilmu gaib yang memang masih sangat kental di sana. Masyarakat dayak masih banyak yang menganut animism dan memuja roh. Salah satu ilmu gaib yang sangat mengerikan adalah racun paser yang digunakan untuk membunuh. Racun ini hampir seperti ilmu santet karena seseorang bisa mengalami penyakit aneh dan sangat sulit disembuhkan. Racun paser akan menyebabkan seseorang yang terkena akan merasa gatal dan dagingnya seperti dihisap oleh tulang hingga mengering. Rasa gatal bukan hanya dikulit saja namun juga sampai ke tulang. Sakit semacam ini akan sangat mengerikan.