Pakaian Adat Khas Jawa Timur

Pakaian Adat Khas Jawa Timur

daftarbudayaindo.web.id Tanah Jawa adalah surga bagi mereka yang mencintai budaya,dari seni hingga rumah,salah satunya adalah pakaian adat. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Pakaian Adat Khas Jawa Timur. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Pakaian Adat Khas Jawa Timur

Odheng Santapan
Odheng santapan merupakan sebuah perlengkapan pakaian berupa kupluk (peci) yang didesain dengan batik khas Jawa Timur. Perlengkapan ini digunakan pada laki-laki di bagian kepala.Desain odheng santepan biasanya dibuat dengan motif batik terkenal, salah satunya yakni motif telaga biru, atau yang orang lain sering menyebutnya storjoan.Kupluk (peci) ini berbentuk segitiga dengan ukuran kupluk dapat diatur dan disesuaikan dengan masing-masing lingkar kepala. Ukuran lingkar kepala yang lebih lebar tentu membutuhkan kain batik yang semakin panjang. Demikian ukuran lingkar kepala yang lebih kecil, tentu tidak membutuhkan banyak kain batik yang diperlukan.

Pese’an Madura
Inilah jenis pakaian yang sering diingat oleh masyarakat pada umumnya dan sangat familiar. Wujud pakaian ini terdiri dari dua, yakni baju luar yang berwarna hitam dan baju dalam berupa kaos belang yang berwarna merah putih atau merah hitam. Serta untuk celananya longgar dan panjangnya sampai pada mata kaki.Pese’an Madura sudah sangat terkenal, baik secara nasional maupun mancanegara. Dulu, pakaian ini hanya digunakan oleh orang-orang Madura saja. Namun setelah melewati perkembangan zaman, pakaian ini dipakai oleh banyak orang di seluruh wilayah Jawa Timur, sehingga kemudian dipatenkannya menjadi pakaian adat Jawa Timur.Pada tempo dulu, bahan-bahan penyusunnya adalah kain China, namun sekarang sudah dimodifikasi menggunakan bahan tetoran yang dirancang oleh orang-orang Madura.

Baca Juga : Pakaian Adat Wajib Jawa Tengah

Sarong Bahan
Saring bahan menjadi salah satu pakaian adat Jawa Timur yang sering digunakan. Merujuk pada namanya, saring bahan disusun dari material kain. Biasanya kain yang digunakan adalah kain sutra, serta saring pada bagian plekatnya menggunakan bahan katun. Kain yang dipilih tentu berkualitas tinggi dan sangatlah nyaman untuk dipakai.Warna dari saring bahan dapat dipilih secara beragam. Beberapa warna yang dipilihkan adalah warna-warna yang mencolok, seperti kuning keemasan. Saring juga sering dipilih dengan warna putih sebagai dasar dan kotak-kotak hijau atau biru sebagai tambahan. Ukuran saring bahan tentu disesuaikan dengan masing-masing individu.

Odheng Tapoghan
Wujud odheng tapoghan hampir sama dengan odheng santapan. Perbedaannya adalah odheng tapoghan sering dikenakan pada laki-laki daripada perempuan. Ada salah satu bagian dari odheng tapoghan ini yang memiliki ikon bunga yang memiliki hiasan yang cantik. Ada juga soga sebagai pengganti dari ikon bunga tersebut.Soga ditampilkan seperti lidah api yang berwarna merah menyala-nyala. Bahan-bahan yang digunakan adalah berupa kain batik dengan desain yang dapat dimodifikasi sesuai dengan selera dan nilai. Bentuknya adalah segitiga dan diikatkan pada bagian kepala. Sehingga dengan demikian, rambut anda tidak akan tertutup oleh kain tersebut.

Related posts