Pakaian Adat Wajib Jawa Tengah

Pakaian Adat Wajib Jawa Tengah

daftarbankindonesia.web.id Setiap daerah di Indonesia mempunyai adat istiadat dari sukunya masing masing,dan budaya tersebut bisa menjadi segala aspek salah satunya pakaian.Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Pakaian Adat Wajib Jawa Tengah Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Pakaian Adat Wajib Jawa Tengah

Kebaya
Pakaian adat yang berada di Jawa Tengah selanjutnya adalah kebaya. Kebaya merupakan pakaian khas asli Jawa Tengah yang bahannya tipis jika dipakai seringkali kelihatan kulitnya. Kebaya sendiri merupakan busana khusus wanita.Biasanya seorang wanita mengenakan kebaya dipakai saat menghadiri pesta pernikahan atupun menghadiri adat lainya. Kebaya seringkali dipakai bersamaan dengan jarik. Karena yang cocok dipakai bersamaan jarik adalah kebaya sendiri.

Blankon
Blankon merupakan tutup kepala yang terbuat dari kain diikat, bercorak larik. Di bagian blankon yang belakang terdapat monjolan dari kain yang dibundel. Blankon di Jawa Tengah terdapat dua ikatan yang diibaratkan dengan dua kalimat syahadat.Ikatan pada bagian belakang blankon diikat dengan kuat, karena menjadi filosofi tentang pentingnya berteguh pada pendirian yang kuat. Blankon sendiri juga berfungsi untuk menyembunyikan rambut yang panjang. Konon rambut yang panjang adalah aib, maka kita harus selalu menyembunyikan aib dengan blankon.

Baca Juga : Kenalan Yuk Sama Outfit Hypebeast Khas Bali

Kemben
Pakaian adat selanjutnya adalah kemben. Kemben merupakan penutup dada seorang wanita terbuat dari kain panjang. Kain tersebut dililitkan dari daerah dada hingga sampai bawah pinggul.Kemben sebenarnya hanyalah sebuah pelengkap sebuah pakaian adat. Akan tetapi kemben dari dulu hingga sekarang hanyalah digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah. Tentu kita harus tau meskipun pakaian ini tidak terlalu penting karena tidak kelihatan.

Batik
Mungkin pakaian batik sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan masyarakat luas sudah mengenal dengan nama pakaian adat ini sampai batik dikampanyekan di kancah luar negeri dengan asli budaya pakaian Indonesia.Pada tanggal 2 Oktober dari Sabang sampai Merauke diharuskan mengenakan batik saat bekerja, sekolah, ataupun melakukan kegiatan lainnya.Batik yang menjadi ikon negara Indonesia dan sorotan negara asing merupakan asli pakaian adat Jawa Tengah. Bahkan Unesco sudah menentukan bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia.
Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai warga Jawa Tengah. Pasalnya orang akan mengenal kita dengan ciri dari adat kita yaitu berpakaian batik.

Related posts