Rumah Adat Toraja

Rumah Adat Toraja

daftarbudayaindo.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Rumah Adat Toraja. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Rumah Adat Toraja.

Tana Toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi Toraja. Ada beragam upacara adat yang dapat Anda jumpai ketika Anda berkunjung ke TorajaMulai dari upacara Rambu Solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas Tana Toraja. Sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental.Belum lagi Rumah Adat Toraja Tongkonan yang menyimpan banyak misteri. Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Tana Toraja ini memiliki Ibu Kota Kabupaten Makale, kemistisan upacara adat yang menjadi daya tarik di bumi Tana Toraja.

Nama Rumah Adat Toraja
Rumah adat Toraja yang bernama Rumah Tongkonan kabarnya digunakan untuk menyimpan jasad anggota keluarga juga berhasil mencuri hati wisatawan hingga mancanegara. Anda dapat menjumpai hiruk pikuk kegiatan adat yang diwariskan turun-temurun oleh nenek moyang saat berkunjung ke Tana Toraja.

Rumah adat Toraja memiliki bentuk yang unik sehingga mencirikan kekhasan Tana Toraja. Bagaimana keunikan rumah adat Toraja yang populer hingga ke mancanegara? Berikut ulasannya untuk Anda:

1. Arti Kata Tongkonan
Tahukah Anda apa arti dari Rumah Tongkonan? Tongkonan diambil dari kata “Tongkon” yang apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya “menduduki” atau “ tempat duduk”.Pada awalnya Rumah Tongkonan ini hanya dijadikan sebagai tempat untuk berkumpulnya para bangsawan-bangsawan Tana Toraja. Hingga akhirnya dapat berkembang menjadi rumah adat Toraja yang diberi nama Rumah Tongkonan.

2. Komponen Rumah Adat Tongkonan
Komponen rumah adat Toraja Tongkonan sama seperti kebanyakan rumah adat tradisional Indonesia yang lain yaitu terbuat dari kayu. Rumah Tongkonan biasanya terbuat dari kayu uru merupakan salah satu kayu yang kuat.

Baca Juga : Rumah Adat Batak

a. Dinding Rumah Tongkonan
Anda perlu ketahui uniknya Rumah adat Tongkonan ini sama sekali tidak menggunakan unsur besi pada pembuatan bangunannya. Jadi tidak menggunakan paku sama sekali pada pembuatan rumah adat Toraja ini.

b. Atap Tongkonan
Bagian atapnya terbuat dari bambu dengan bentuk yang unik menyerupai perahu yang memiliki arti pengingat bahwa pada dahulu kala nenek moyang masyarakat Tana Toraja menyeberangi Sulawesi dengan menggunakan perahu.

3. Simbol Dinding Dan Status Sosial Masyarakat Toraja
Rumah adat Toraja Tongkonan selain berfungsi sebagai tempat berlindung juga menggambarkan status sosial masyarakat Toraja. Anda akan menjumpai banyak kepala kerbau beserta tanduknya yang dipajang pada tiang utama di setiap Rumah Tongkonan.Semakin banyak tanduk kerbau yang dipasang pada tiang utama Rumah Tongkonan tersebut akan menggambarkan semakin tinggi status sosial keluarga tersebut di kehidupan masyarakat setempat.

Related posts