Rumah Limas Sumatera Selatan

Rumah Limas Sumatera Selatan

daftarbudayaindo.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Rumah Limas Sumatera Selatan.Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Rumah Limas Sumatera Selatan

Indonesia merupakan Negara dengan kebudayaan yang sangat beragam, seperti tarian adat, makanan adat, pakaian adat, senjata adat dan rumah adat. Rumah adat Sumatera selatan yaitu rumah limas adalah salah satu dari puluhan rumah adat di Indonesia
Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki rumah adat dengan ciri khas masing – masing. Rumah adat adalah bangunan tradisional untuk tempat tinggal, peninggalan dari nenek moyang. Peninggalan tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tetapi seiring perkembangan teknologi, masyarakat mulai meninggalkan kebudayaan asli Indonesia. Rumah adat Sumatera Selatan memiliki ciri khas yang berbeda dengan rumah adat di provinsi lain, yaitu atapnya yang berbentuk limas.

Rumah Adat Suku Palembang Sumatera Selatan
Rumah tradisional penduduk Palembang ini berbentuk panggung, karena sebagian daerah di Palembang adalah rawa-rawa dan sungai. Untuk menghindari air masuk kedalam rumah, maka rumah dibentuk seperti panggung.

Baca Juga :Rumah Gadang Khas Sumbar

Rumah Limas
Kata limas merupakan gabungan kata dari lima dan emas. Rumah limas merupakan rumah dengan bentuk panggung dan atapnya yang menyerupai limas. Pada lantai rumah limas dibuat berundak. Kata berundak atau undakan pada lantai biasa disebut dengan kekijing. Pada rumah limas biasanya memiliki 2 sampai 4 kekijing.

Rumah limas memiliki tiang penyangga rumah dengan tinggi 1, 5 meter sampai 2 meter dari permukaan tanah. Rumah limas terbagi menjadi 3 ruangan, yaitu ruang depan, ruang tengah dan juga ruang belakang. Ruangan – ruangan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.Ruang bagian depan sering disebut beranda, disini terdapat 2 buah tangga untuk masuk ke dalam rumah. Di ruang bagian depan juga terdapat gayung dan gentong berisi air, air ini digunakan untuk mencuci kaki dan tangan sebelum masuk ke dalam rumah. Ruangan ini biasanya digunakan untuk beristirahat dan bersantai anggota keluarga.Sedangkan untuk ruangan bagian tengah terdapat beberapa kekijing. Pada setiap kekijing terdapat dua buah jendela yang terletak di sebelah kanan dan sebelah kiri. Pada kekijing yang terakhir terdapat lemari dinding yang digunakan untuk sekat.Kemudian untuk ruangan bagian belakang adalah ruangan dapur yang digunakan untuk memasak. Ruangan ini terbagi menjadi tiga ruangan yaitu ruangan pertama untuk menyiapkan bahan yang akan dimasak. Ruangan kedua adalah ruangan untuk mengolah bahan makanan. Kemudian ruangan ketiga adalah ruang untuk membersihkan peralatan memasak.

Related posts