Seni Tari Kinyah Uut Danum

Seni Tari Kinyah Uut Danum

Daftarbudayaindo.web.id – Bagi orang-orang yang lahir dan besar di provinsi Kalimantan Barat, Anda mungkin sudah tahu banyak tentang budaya, adat atau seni yang dikembangkan di komunitas Kalimantan Barat.

Salah satu kesenian yang telah menjadi kesenian tradisional di provinsi Kalimantan barat adalah seni tari Kinyah Uut Danum. Mungkin bagi sebagian orang yang berada di luar wilayah kalimantan barat masih asing atau bahkan tidak tahu mengenai seni tari Kinyah Uut Danum ini.

Apalagi bila sobat tidak terlalu memiliki wawasan serta pengetahuan yang cukup luas mengenai Kesenian-kesenian tradisional di Indonesia terutama di provinsi Kalimantan barat.

Lantas apa sih tari Kinyah Uut Danum ini? Bagi sobat yang penasaran dan ingin lebih dalam mengetahui seni tari yang satu ini, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tari Kinyah Uut Danum. pakaian adat kalimantan barat bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Kalimantan barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Kalimantan barat memiliki ibu kota provinsi bernama Pontianak. Provinsi yang satu ini memiliki luas wilayah mencapai sekitar 146.807 km² (7, 53% luas Indonesia).

Provinsi Kalimantan barat juga merupakan provinsi yang memiliki agen tangkasnet terbaik wilayah terluas keempat setelah provinsi Papua, Kalimantan timur dan Kalimantan tengah.

Selain itu, provinsi Kalimantan barat juga memiliki populasi penduduk mencapai sekitar 5.365.256 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk pada tahun 2016 yang lalu oleh pemerintah. Dengan luas dan jumlah penduduk tersebut, maka tak heran bila provinsi Kalimantan barat memiliki kesenian dan adat istiadat yang begitu melimpah.

Salah satu kesenian yang berasal dari provinsi ini adalah tarian Kinyah Uut Danum. Apa sih tarian ini sebenarnya? Sobat penasaran? Baiklah, langsung saja berikut adalah sedikit ulasan mengenaitari Kinyah Uut Danum dan penjelasannya, antara lain:

Pengertian tari Kinyah Uut Danum
Tari Kinyah Uut danum adalah salah satu tarian perang dari Kalimantan barat yang memperlihatkan keberanian dan teknik bela diri dalam berperang. Sesuai dengan namanya, tarian yang satu ini berasal dari sub suku Dayak uut danum di Kalimantan barat. jenis jenis tarian kalimantan barat bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Pada awalnya aturan ini adalah tarian untuk mempersiapkan fisik sebelum ‘mengayau’ yaitu tradisi pemburuan kepala musuh yang dilakukan oleh suku Dayak zaman dulu. Oleh karena itu, tarian ini menunjukkan kesiapanpara laki-laki Dayakdilepaskan ke dalam hutan untuk mengayau.

Gerakan dalam tarian Kinyah Uut Danum
Tari Kinyah Uut Danum adalah tarian yang mengutamakan gerakan yang gesit untuk menyerang dan kewaspadaan untuk bertahan. Selain gerakan teknik bela diri, tarian ini di selingi dengan agen tangkasnet terpercaya gerakan teatrikal agar gerakan tidak terlalu kaku dalam pertunjukkannya.

Tarian ini biasanya dilakukan oleh dua orang laki-laki. Saat menari, salah satu penari melakukan serangan dadakan sehingga diperlukan kewaspadaan untuk bertahan.

Kostum yang digunakan dalam tarian ini merupakan pakaian adat khas suku Dayakuutdanum. Kedua penari dilengkapi senjata seperti mandau dan perisai. Kemudian dalam tarian ini juga diiringi dengan alat musik tradisional sehingga terlihat lebih menarik.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tari kinyah uut danum dan penjelasannya yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.

Baca juga : Seni Tari Monong

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.