Senjata Khas Jawa Barat

Senjata Khas Jawa Barat

daftarbudayaindo.web.id Tidak lupa dengan komposisinya,Jawa Barat Juga menyimpan beberapa senjata khas atau tradisional dari Jawa Barat. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Senjata Khas Jawa Barat .Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Senjata Khas Jawa Barat

Senjata Tradisional Kujang
Senjata tradisional Jawa Barat ini dibuat sekitar abad ke delapan atau abad ke sembilan. Jenis senjata ini terbuat dari besi, baja atau bahan pamor. Panjang senjata ini sekitar 20 sampai 25 senti meter. Filosofinya, kujang ini merefleksikan kehidupan pertanian di Sunda.Perkakas ini biasanya menjadi cindera mata, perlambang, hiasan, ataupun alat pertanian. Kujang sendiri sebagai lambang kekuatan dan keberanian untuk melindungi kebenaran dan hak. Dari segi bahasa kujang berasal dari kata kudihyang ang artinya manusia.

Kujang memiliki nama sendiri di setiap bagian. Diantaranya yaitu papatuk atau congok yang bentuknya seperti panah pada ujung senjata. Eluk atau silih merupakan nama dari lekukan di daerah punggung. Tadah atau lekukan yang menonjol pada bagian perut. Mata adalah lubang kecil yang ditutupi emas atau perak.Kujang sendiri memiliki kharakteristik yang unik. Bentuknya tipis, bahannya kering, berpori dan mengandung unsur logam mulia.

Senjata Tradisional Balincong.
Senjata tradisional Jawa Barat ini bentuknya seperti jangkar yang terbalik dan memiliki dua mata yang tajam di sisi depan dan belakang. Panjang senjata ini sekitar 52 senti meter dan 38 senti meter. Letak gagangnya ada di tengah, sehingga dua mata pisau bisa digunakan secara bergantian. Kegunaan balincong sendiri sangat beragam.Diantaranya yaitu untuk membajak sawah pada musim kemarau, menggali lembah ataupun tebing untuk membuat irigasi. Material untuk membuat senjata tradisional balincong ini dari baja atau stainless stel. Karena materialnya 100 persen baja atau stainless stel membuat senjata ini tidak bisa berkarat

Baca Juga : Pakaian Adat Khas Jawa Barat

Senjata Tradisional Patik
Senjata tradisional Jawa Barat ini digunakan untuk menebang kayu atau babat alas. Biasanya lebih dikenal dengan kapak. Kelebihan dari senjata patik ini adalah dibuat dari besi baja yang tebal pada bagian pangkalnya dan besar. Karena terbuat dari baja maka senjata ini sangat awet dan berat. Sampai saat ini, masyarakat Sunda masih menggunakan senjata ini untuk kegiatan berkebun.

Senjata Tradisional Bedog
Senjata tradisional Jawa Barat ini lebih dikenal dengan nama golok. Namun, bahasa sunda dari golok adalah bedog. Golok dari Sunda ini sangat unik yaitu ujungnya melengkung kearah mata senjata. Bedog ini biasa digunakan untuk alat pertahanan diri, berkebun ataupun berburu.Di Jawa Barat sendiri kebutuhan dan kegunaan Jawa Barat ini berbeda-beda. Bentuk yang akan dijumpai juga berbeda-beda. Contohnya adalah golok gagaplok yang memiliki fungsi untuk membabati rumput. Golok Pameuncitan memiliki fungsi menyembelih hewan. Golok tani adalah untuk kegiatan bertani.

Senjata Tradisional Congkrang
Senjata tradisional Jawa Barat ini biasa digunakan untuk berkebun. Bentuknya seperti cangkul mini. Senjata tradisional ini biasanya dipakai oleh ibu rumah tangga untuk membersihkan rumput di halaman ataupun membantu suami untuk bekerja di ladang.

Related posts