Tari Jepin Kalimantan Barat

Tari Jepin Kalimantan Barat

Daftarbudayaindo.web.id – Untuk teman-teman yang berasal dari provinsi Kalimantan Barat, Anda mungkin sudah tahu sedikit lebih banyak tentang beberapa budaya, adat istiadat dan seni yang ada di provinsi Kalimantan Barat.

Salah satu kesenian yang ada dan berkembang di lingkungan masyarakat Kalimantan barat adalah seni tari Jepin. Mungkin, bagi sobat yang bukan penduduk asli dari provinsi Kalimantan barat, masih merasa bingung apabila di tanya soal tarian yang satu ini.

Apalagi bila sobat tidak memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas mengenai kesenian-kesenian yang ada di Indonesia terutama di Kalimantan barat.

Lantas, apa sih sebenarnya tari Jepin ini. Bagi sobat yang penasaran dan ingin lebih mengenal tarian yang satu ini, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tari Jepin dan penjelasannya.

Kalimantan barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang ada pulau Kalimantan. Provinsi yang satu ini memiliki luas wilayah mencapai sekitar 146.807 kmĀ² (7,53% luas Indonesia).

Oleh karena itu, provinsi Kalimantan barat ini merupakan salah satu provinsi yang memiliki wilayah terluas keempat setelah provinsi Papua, Kalimantan Timur, dan Kalimantan tengah di Indonesia.

Selain itu, provinsi Kalimantan barat ini juga memiliki populasi penduduk mencapai sekitar 5.365.256 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk oleh pemerintah pada tahun 2016 yang lalu.

Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk tersebut, maka tak heran bila provinsi yang satu ini memiliki kebudayaan dan kesenian-kesenian yang begitu melimpah.

Salah satu kesenian yang ada di Kalimantan barat adalah seni tari Jepin. Lantas apa sih seni tari Jepin ini? Berikut adalah sedikit ulasan mengenai tari Jepin dan penjelasannya, antara lain:

Pengertian tari Jepin
Tari Jepin adalah salah satu kesenian tradisional dari provinsi Kalimantan barat yang diadaptasi dari kesenian melayu, agama Islam, dan kebudayaan lokal. Tarian ini merupakan salah satu media penyebaran agama Islam di provinsi Kalimantan barat. pakaian adat kalimantan barat bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Selain itu tarian Jepin juga merupakan kesenian tari gerak dan lagu yang memiliki arti di setiap gerakannya. Perlu sobat ketahui bahwa tari Jepinpada awalnya merupakan media dakwah dalam penyebaran agama Islam di abad ke 13.

Menurut beberapa sumber, tarian ini pertama kali di tampilkan di daerah Sambas Kalimantan barat. Kemudian menyebar dan berkembang di berbagai daerah di Kalimantan barat.

Gerakan tari Jepin
Tari Jepin memiliki gerakan yang lebih menekankan pada gerakan kaki dan tangan. Dalam pertunjukannya, gerakan di awali dengan salam pembuka. Setelah itu, penari melakukan gerakan yang bertumpu pada gerakan kaki yang bergerak secara berulang-ulang. tari ading bastari bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Dalam pertunjukannya tari Jepin juga dimainkan oleh penari laki-laki dan perempuan yang di bakut dengan busana khas Melayu. Yaitu dengan baju lengan panjang dan celana panjang di hiasan balutan sarung atau kain di pinggang mereka.

Pada bagian kepala, biasanya penari pria memakai penutup kepala seperti peci hitam. Sedangkan pada penari wanita biasanya dihiasi dengan pernak-pernik seperti bunga-bunga. Tarian ini juga diiringi dengan alat musik tradisional Melayu seperti alat musik gambus, perkusi dan marawis.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tari Jepin dan penjelasannya yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.

Baca juga : Rencong, Aceh

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalaui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan terima kasih.