Tari Sasak Dari Lombok

Tari Sasak Dari Lombok

Tari Sasak – Tari Sasak dari Lombok atau biasanya masyarakat lokal sana mengenalnya dengan Tari Sasak Oncer,merupakan tarian yang berasal dari suku sasar-Lombok.Kata oncer berasal dari kata “ngoncer” yang berarti berenang, karna tarian ini diambil dari gerakan ikan seat yang sedang berenang. Tarian ini terdiri dari tiga kelompok, pembawa kenceng atau biasa yang disebut penari kenceng, pembawa gendang yang disebut penari dendang dan penari petuk.

Tari oncer adalah ciptaan Lain Muhammad Tahir dari desa Puyung Lombok Tengah pada tahun 1960. Tarian Oncer ciptaan Lalu Muhammad Tahir ini merupakan tarian bersama yang terdiri atas tiga kelompok, yaitu enam atau delapan orang pembawa kenceng disebut penari kenceng, dua orang pembawa gendang disebut penari gendang, dan satu orang pembawa petuk disebut penari petuk. Masing-masing kelompok membawakan gerakannya sendiri-sendiri.

Baca juga:

 

Pada tari Sasak Oncer gendang yang digunakan diberi nama gendang Beleq, pada zaman dahulu gendang ini digunakan untuk peperangan oleh raja lombok. Tarian sasak oncer memiliki beberapa gerakan, gerakan pertama dimulai dengan melangkah yang menggambarkan keberangkatan dimedan perang. Gerakan kedua dinamakan gerak bukaq jebak yang memiliki arti membuka pintu. Gerakan ketiga dinamakan kadal nengos yang artinya kadang yang menengok, terakhir gerakan rebek taping yang diperagakan gerak bambu yang setengah tumbang.

Tari Sasak Oncer dapat dilakukan oleh laki-laki atau perempuan. Alat musik yang digunakan untuk memeriahkan tarian ini adalah gendang beleq, gong, suling, ceng-ceng, reong dan gendang kecil. Tari Sasak Oncer biasanya digunakan sebagai tarian penyambut wisatawan yang datang, dan sebagai pengenalan kebudayaan yang berasal dari Lombok.