Tari Tor Tor Dari Sumatera Utara

Tari Tor Tor Dari Sumatera Utara

Tari Tor Tor – Indonesia mempunyai banyak sekali bermacam-macam tarian yang berasal dari tiap suku,yang mana biasanya ditemukan di hari-hari peringatan besar, untuk menyambut tamu. Bisa juga sebagai bentuk ritual dari keagamaan.Kali ini admin akan membahas tentang Tari tor tor yang berasal dari Sumatera Utara,Berikut ini beberapa ulasan dan penjelasan mengenai keunikan tari tor tor tersebut.

Tari Tor-Tor ini telah ada sejak ratusan tahun silam dan merupakan tarian yang berasal dari Batak Toba,Sumatera Utara.Para seniman meyakini bahwa nama Tor diambil dari hentakkan kaki para penari yang bersuara “tor’ di lantai. Seperti yang telah dketahui bahwa rumah adat masyarakat Batak menggunakan material kayu sebagai lantainya. Pada awalnya, tarian ini menjadi sebuah ritual acara seperti upacara kematian, kesembuhan, dan lain-lain. Kemudian tari Tor-Tor ini juga mendapatkan pengaruh pada kebudayaan Hindu-Budha. Hal itu terlihat dari makna dalam setiap gerakan tarian.

Tarian Yang Penuh Makna

Tari Tor-Tor bukan hanyalah sekedar tarian, namun tarian ini memiliki arti dan juga ciri khas. Tarian ini selalu disajikan bersama musik gondang dan tidak bisa dipisahkan. Secara fisik, tari Tor-Tor hanyalah sekedar tarian, namun pada kenyataannya setiap gerakan merupakan sebuah media komunikasi yang ditujukan untuk menghasilkan interaksi dengan partisipan acara. Selai gerakannya yang mengandung makna, tari tor-tor juga terdapat prosesi Tua ni Gondang. Prosesi tersebut merupakan salah satu proses penyampaian permintaan khusus dari tuan rumah kepada penabuh gondang dengan kata-kata yang sopan dan santun.

Pantangan yang Harus Ditaati Penari

Yang menjadi keunikan adalah pantangan yang harus diperhatkan saat menari. Salah satunya adaah tangan penari tidak melewati tinggi bahu ke atas. Jika hal tersebut dilakukan, dalam kepercayaan suka Batak si penari siap untuk menantang siapapun dalam berbagai bidang seperti perdukunan, pencak silat, tenaga batin, dan lain-lain.

Baca juga:

 

Diiringi oleh musik gondang

Tarian tor tor dan musik gondan seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.  Musik gondang merupakan salah satu musik dalam kebudayaan batak yang memiliki nilai sejarah tinggi. Dentuman yang dihasilkan oleh musik gondang dapat membuat gerakan gerakan tarian tor tor semakin kuat. Musik gondang ini biasanya akan dimainkan lebih dahulu sebelum tarian tor tor dimulai serta juga bertindak sebagai musik pengiring tarian tor tor.