Tradisi Adu Domba Garut

Tradisi Adu Domba Garut

Domba Garut – Jika mendengar domba Garut,pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga,Ciri khas domba dari wilayah ini mempunyai tanduk yang besar dan kokoh,serta tubuh yang tegap.Domba Garut merupakan salah satu ternak yang dipelihara oleh sebagian masyarakat sebagai ternak aduan yang merupakan salah satu kebudayaan turun temurun yang tetap dilestarikan.

Selain mempertahankan budaya itu sendiri,juga mempertahankan domba Garut sebagai domba aduan yang memiliki kualitas tersendiri.Dengan dipertahankannya suatu bangsa ternak,maka semua kualitas ternak dari yang jelek,sedang dan baik,dapat dijumpai di suatu wilayah dimana ternak tersebut dilestarikan.

Hewan ini selain digembalakan untuk memanfaatkan keberlimpahan rumput juga berguna sebagai penghasil pupuk organik yang dapat diinstensifikasikan penggunaannya pada upaya penyuburan ladang atau kebun rumahan pada umumnya. Selanjutnya, dalam sejarahnya domba sebagai hewan domestik masyarakat agraris ini kemudian berkembang menjadi seni tradisi adu ketangkasan.

Tradisi adu domba Garut adalah seni ketangkasan adu domba yang umumnya terdapat pada masyarakat Garut, Tatar Pasundan. Domba pada mayoritas masyarakat agraris di Tatar Pasundan merupakan jenis hewan ternak yang biasanya dimiliki selain sapi, ayam, dan bebek.

Seni adu domba biasa dipertunjukan pada saat ada acara resmi maupun kontes biasa yang didasari oleh hobi. Kesenian adu domba masyarakat Garut ini sudah begitu dikenal oleh masyarakat di seantero Jawa Barat. Menurut berbagai catatan sejarah, Seni Adu Domba Garut ini mulai dikenal dan berkembang pesat saat pemerintahan Bupati Suryakanta Legawa, sekitar tahun 1815-1829.

Baca juga:

 

Kontes Adu Domba terdiri dari beberapa kategori, ada kategori seni laga ketangkasan, raja petet, raja kasep, dan raja pedaging. Yang paling banyak menarik minat pengunjung adalah seni laga ketangkasan. Sepertinya inilah kategori yang paling bergengsi di antara kategori kontes lainnya.

Saat ini, Adu Domba Garut sudah menjadi wahana wisata dan merupakan salah satu atraksi yang paling diminati baik oleh para wisatawan maupun masyarakat Garut sendiri. Selain di Garut, pada bulan-bulan tertentu kesenian ini biasa dipertontonkan di Babakan Siliwangi, Bandung. Di sini, akan berkumpul domba-domba pilihan yang kuat dan perkasa dari wilayah Garut, Bandung dan seputaran Jawa Barat.