Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO – Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah artikel yang kami rangkum dari sumber terpercaya, berikut ini beberapa artikel yang membahas mengenai wirisan budaya indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Sebagai warga Indonesia yang baik dan cinta akan Tanah Air, wajib banget tahu deretan warisan budaya asli Indonesia berikut ini:

1. Pencak Silat
Warisan budaya asli Indonesia yang diakui UNESCO yang baru saja dapat pengakuan adalah Pencak Silat. Warisan budaya tak benda ini, merupakan sebuah seni bela diri seperti halnya Taekwondo dan Karate dari Jepang.

Asal daerah: Suku Melayu, Semenanjung Malaka, Sumatera
Tahun ditetapkan: 2019

2. Perahu Pinisi (Seni Pembuatan Kapal)
Selanjutnya adalah Pinisi. Pinisi merupakan sebuah seni pembuatan kapal atau perahu, yang diwariskan tradisi maritim masyarakat Bugis. Kapal ini juga sering digunakan untuk berkeliling dunia oleh para taruna AL.

Asal daerah: Sulawesi Tengah
Tahun ditetapkan: 2017

3. Tari Bali
Warisan tak benda berikutnya adalah tari tradisional Bali. Tidak hanya satu, ada banyak jenis tarian Bali, yakni sebagai berikut: Drama Tari Gambuh, Drama Tari Wayang Wong, Tari Baris, Tari Barong Ket, Tari Joget Bumbung, Tari Legong Keraton, Tari Rejang, Tari Sanghyang Dedari, Tari Topeng Sidakarya.

Asal daerah: Bali
Tahun ditetapkan: 2015

4. Sekaten
Selanjutnya adalah Sekaten. Warisan budaya tak benda ini merupakan sebuah tradisi yang dilakukan setiap Isra’ Mi’raj, oleh warga Solo dan Yogyakarta.

Hal yang paling ditunggu-tunggu dari tradisi Sekaten ini adalah momen rebutan gunung-gunungan berisi hasil bumi.

Asal daerah: Jawa Tengah
Tahun ditetapkan: 2014

Baca Juga:Budaya Judi di Indonesia Sudah Ada Sejak Dahulu Kala

5. Lumpia
Warisan budaya asli Indonesia yang berupa makanan adalah Lumpia. Namun, sebenarnya Lumpia merupakan kuliner yang diadaptasi dari budaya Tionghoa.

Lalu dilakukan modifikasi resep yang menjadikannya sangat Indonesia. Hingga, saat ini, Lumpia menjadi jajanan tradisional yang digemari di Bandung, Semarang, Solo dan daerah sekitarnya.

Asal daerah: Semarang, Jawa Tengah
Tahun ditetapkan: 2014

6. Gamelan
Warisan budaya asli Indonesia yang berupa alat musik tradisional adalah Gamelan. Alat musik ini juga sudah sangat populer, hingga ke negara barat.

Asal daerah: Jawa Tengah
Tahun ditetapkan: 2014

Related posts