Jaipong Dance Sunda Punya

Jaipong Dance Sunda Punya

daftarbudayaindo.web.id Jaipong siapa sih yang gak pernah dengar Berikut ini adalah artikel yang membahas mengenai tarian khas Sunda yang satu ini.

Pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda ketika anda mendengar kata “Tari Jaipong”. Tari Jaipong adalah tarian tradisional yang berasal dari Bandung Jawa Barat. Tarian tersebut merupakan tarian tradisional yang sangat populer di Indonesia. Hampir sebagian masyarakat Indonesia pernah menonton pertunjukan tarian ini.

Tarian diciptakan oleh seniman berdarah Sunda yaitu Gugum Gumbira dan Haji Suanda. Tarian ini adalah penggabungan dari beberapa kesenian tradisional seperti Wayang Golek, Pencak Silat dan Ketuk Tilu.

Sehingga membuat gerakan dalam tarian ini sangat enerjik dan juga unik. Untuk tarian ini menjadi tarian yang sangat menarik dan enerjik dengan diiringi oleh alat musik degung.Gerakan tari dalam tarian ini sangat enerjik, ceria, dan humoris, sehingga banyak orang yang ikut menari saat menonton pertunjukan tarian ini. Selain itu tarian ini juga sering mengundang gelak tawa para penonton. Karena keunikannya, sampai sekarang tarian ini masih sangat diminati masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat.

Haji Suanda adalah seniman berbakat yang berasal dari Karawang. Haji Suanda memiliki talenta yang besar, sehingga ia mampu menguasai beberapa kesenian tradisional dari beberapa daerah khususnya daerah Karawang.Kesenian traisional yang dikuasai Haji Suanda antara lain adalah Ketuk Tilu, Wayang Golek, Topeng Benjet dan juga Pencak Silat.Pada tahun 1976, Haji Suanda berinovasi dengan menggabungkan beberapa gerakan dari kesenian yang ia kuasai seperti Pencak Silat, Ketuk Tilu dan Wayang Golek.

Dari Penggabungan tersebut terciptalah sebuah karya seni atau pertunjukan yang unik, namun pada saat itu pertunjukan ini belum disebut dengan Tari Jaipong. Pada saat itu pertunjukan ini sudah banyak diminati masyarakat sekitar.Musik pengiring untuk pertunjukan ini diambil dari beberapa alat musik seperti Degung, Gendang, Gong dan alat musik ketuk lainnya, sehingga membuat musik pengiring tarian ini cukup unik dan enerjik.

Baca Juga : Orang Ambon Pilih Cowo Atau Cewe

Pada pertunjukan ini juga diiringi nyanyian, yang dinyanyikan oleh seorang perempuan yang biasa disebut Sinden. Seorang seniman dari Sunda yakni Gugum Gumbira sangat antusias belajar tarian ini.Setelah menguasai tarian ini, beliau kemudian mengemas ulang gerakan-gerakan yang terdapat pada tarian tersebut sehingga terciptalah Tari Jaipong. Saat itu tarian ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat Bandung.

Pada tahun 1979, tarian ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan dilihat dari pementasannya dan juga propertinya. Hal ini membuat tarian ini dikenal hampir di seluruh wilayah Jawa Barat seperti Cianjur, Sukabumi dan juga sudah sampai ke Bogor. Seiring berjalannya waktu tarian ini semakin diminati masyarakat.

Related posts