Kuliner Berkauh yang Jadi Budaya Indonesia

Kuliner Berkauh yang Jadi Budaya Indonesia

Kuliner Berkauh yang Jadi Budaya Indonesia – Negara Indonesia memang sudah terkenal dengan negara yang memiliki berbagai jenis kuliner yang unik dan menarik, mulai dari kuliner kering hingga yang berkuah.

Meski Palembang menjadi daerah asalnya, pempek merupakan kuliner berkuah khas Nusantara akulturasi budaya Tiongkok. Makanan ringan berbahan utama ikan dan tepung kanji tersebut, memiliki ciri-ciri lain yaitu diguyur dengan kuah cuko yang berwana gelap.

Kuliner berkuah khas Nusantara yang merupakan akulturasi budaya Tiongkok http://162.214.117.184/ tidak hanya pempek saja, karena tujuh kuliner berikut ini termasuk juga lho! Apa saja, ya?

1. Bakso

Bakso umumnya identik dibuat dari daging sapi cincang. Mi, bihun, tetelan, taoge, hingga irisan daun seledri adalah deretan isi yang melengkapi kenikmatan semangkuk bakso.

Untuk kuah, bakso mengandalkan gurihnya kaldu dari sapi yang dikombinasikan bersama bumbu.

2. Bakmie

Menikmati bakmie bikin perut auto kenyang! Bagaimana tidak? Kuliner berupa nasi yang diguyur dengan kuah ini punya pelengkap terdiri tumis daging yang dipotong dadu dan telur rebus bumbu kecap.

Sedangkan kuahnya yang bercita rasa gurih manis didapat dari memadukan kaldu dengan bumbu, kecap asin, dan kecap manis.

3. Kwe kia theng

Baru pertama kali mendengar nama kwa kia theng? Kuliner berkuah ini populer di Pontianak, Kalimantan Barat. Meski kuahnya cukup pekat, kwa kia theng punya kenikmatan sendiri di lidah para penikmatnya karena memadukan cita rasa kaldu dan rempah.

Dalam semangkuk kwe kia theng berisi mi semacam kwetiau namun memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu dilengkapi pula dengan telur, daging, dan jeroan babi.

4. Lek tau suan

Populer juga di Kalimantan, lek tau suan sejenis bubur yang bercita rasa manis serta mengenyangkan. Bubur ini terbuat dari kacang hijau yang telah dikupas kulitnya dan dikombinasikan bersama irisan cakwe.

5. Soto

Soto di Indonesia cukup beragam dan memiliki ciri khas masing-masing. Meski beraneka ragam bentuknya, soto pertama kali dikenalkan oleh orang Tiongkok ketika singgah di Indonesia. Gak cuma akulturasi dari Indonesia dan Tiongkok saja, India juga ikut andil dalam terciptanya kelezatan soto.

6. Sekoteng

Sekoteng masuk dalam kategori minuman tradisional yang punya beragam manfaat baik untuk tubuh. Pantaslah, minuman ini sering dicari saat cuaca dingin. Kuah manis sekoteng terdiri dari jahe dan susu kental manis. Isian sekoteng cukup beragam terdiri dari sagu mutiara, kacang hijau, dan roti tawar.

Related posts