Pakaian Adat Asli Ibukota

Pakaian Adat Asli Ibukota

daftarbudayaindo.web.id Pakaian adalah sebuah atribut wajib untuk sebuah suku,apalagi di Indonesia yang masih sangat kental. Berikut ini adalah pakaian adat asli dari ibukota Indonesia.

Budaya ini tidak mungkin bisa lepas dari Jakarta sebagai identitas Nasional. Penduduk asli Jakarta seringkali mendapatkan julukan sebagai orang Betawi. Sebagai orang Betawi tentu saja memiliki pakaian adat yang sangat khas dan berbeda dengan suku-suku lain di Indonesia.Suku Betawi dari dulu memang sangat terkenal dengan kebudayaannya yang masih sangat unik. Kebudayaan ini mereka jaga dan lestarikan sebagai bentuk warisan nenek moyang mereka.

Dengan beberapa contoh budaya warisan nenek moyang mereka suku Betawi menjadi sangat terkenal di seantero negeri. Misalnya saja mengenai pakaian adat Betawi yang sangat berbeda sekali dengan pakaian adat tempat lain. Pakaian adat suku Betawi ini memiliki atribut tersendiri. Beberapa contoh pakaian adat suku Betawi antara lain adalah:

a. Pakaian Adat Keseharian Pria
Pakaian adat sehari-hari pria terdiri dari sadariah, celana kain, dan selendang/sorban. Sadariah atau baju koko betawi merupakan baju yang sering digunakan oleh pria Betawi berupa polos, tanpa motif, dan hanya memiliki satu warna saja, yakni putih.
Celana kain batik ini berbentuk seperti celana kolor dengan aksesoris karet pada bagian pinggangnya. Dan selendang/sorban merupakan sejenis sarung yang dilipat dan dikenakan pada leher atau disangkulkan di pundak.

Baca Juga :Budaya Seremnya Aceh Lompat Batu

b. Pakaian Adat Keseharian Wanita
Pakaian adat sehari-hari wanita terdiri dari baju kurung, kain sarung bermotif, dan kerudung. Baju kurung merupakan sebuah pakaian berdesain khusus dengan lengan pendek dan warna yang mencolok. Kain sarung bermotif memiliki motif batik yang indah dengan warna yang disesuaikan dengan baju kurung atau kerudung yang dipakai.

c. Pakaian Adat Resmi
Pakaian adat resmi orang-orang Betawi dinamakan Baju Serong. Baju resmi ini tidak hanya dipakai oleh kalangan Bangsawan, tetapi oleh orang-orang biasa juga. Ciri khas Baju Serong adalah terdiri dari kemeja putih yang merupakan dalaman.
Kain batik dengan panjang selutut yang dikenakan di pinggang, serta jas berwarna hitam dan celana yang berwarna hitam juga. Pakaian ini sering digunakan dalam acara pernikahan atau menghadiri upacara adat tertentu.

Related posts